Iwan Fals Ramaikan Gerakan Satu Juta Pohon

SAMARINDA – Musisi ternama ibukota Jakarta, Iwan Fals, dipastikan ikut meramaikan gerakan penanaman satu juta pohon di Kaltim, Sabtu (29/1) besok. Gerakan menanam satu juta pohon di seantero Kaltim ini dipusatkan di Komplek Stadion Utama Palaran, Samarinda, dan dikomandani langsung oleh Gubernur Awang Faroek Ishak.

Kepastian Iwan Fals meramaikan gerakan penghijauanKaltim 2011 ini diutarakan Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat jumpa pers di Studio RRI Samarinda, Jumat (28/1). Iwan Fals akan menyuguhkan tembang-tembang menarik yang diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk lebih giat menanam pohon penghijauan di lingkungannya.

Kenapa harus Iwan Fals? “Ya, biar gaung penghijauan ini benar-benar menggaung ke seluruh pelosok Kaltim. Sebab, sentilan lagu-lagu Iwan Fals cukup menyentuh, banyak mengangkat tema lingkungan, sosial dan disenangi masyarakat. Jadi, sebelum Pak Gubernur menandai penanaman nanti, Iwan Fals tampil dulu menghibur semua pegawai dan masyarakat,” ucap Jauhar dalam konfrensi pers seusai dialog interaktif di RRI tersebut.

Jumpa pers ini membahas berbagai agenda kegiatan yang digelar berkaitan HUT ke-54 Provinsi Kaltim tahun 2011. Ia menyebut, selain gerakan menanam satu juta pohon ini, dua agenda lain yang siap digelar adalah lomba lari 10 kilometer atau Gubernur Kaltim 10-K II di Samarinda, Minggu (30/1), dan pameran pembangunan atau ‘Kaltim Fair 2011’ di dalam dan halaman GOR Segiri, Samarinda, 2 – 8 Februari nanti.

Berbicara sambil ditemani Kepala Dispora Kaltim, H Masri Hadi dan Junaidi, unsur panitia ‘Kaltim Fair 2011’ dari BPPMD (Badan Perizinan Penanaman Modal Daerah) Kaltim, Jauhar menyatakan, gerakan menanam satu juta pohon di Kaltim tahun 2011 ini sebagai bagian dari upaya menyelamatkan lahan-lahan kritis di Kaltim. Ini sesuai program Kaltim Hijau (Kaltim Green) yang sudah dilaunching Gubernur Faroek pada 7 Januari 2010, dan harus terus digelorakan ke masyarakat.

Menurut Jauhar, kegiatan penanaman satu juta pohon yang dipusatkan di seputar Komplek Stadion Utama Palaran ini melibatkan semua pihak. Tak hanya semua pegawai di lingkup Pemprov saja, melainkan semua unsur masyarakat harus ikut terlibat, termasuk perusahaan-perusahaan pertambangan yang wajib melakukan reklamasi dan revegetasi di areal tambangnya.

Secara terpisah, Kepala Dishut Kaltim Khairil Anwar menyebutkan, persiapan di lokasi sudah siap. Di areal ini akan ditanam 1.000 bibit pohon penghijauan seperti trambessi, mahoni, akasia, dan dan lainnya. Sedang satu juta bibit pohon yang sama sudah didistribusikan ke 14 kabupaten/kota, untuk ditanam secara serentak di daerah masing-masing.

Ia menambahkan, kegiatan penghijauan di lahan kritis sekitar stadion utama ini hanya bagian kecil dari lahan-lahan kritis yang ada di Kaltim, termasuk rusaknya lingkungan kawasan hutan akibat pertambangan batubara. Namun, penghijauan di lokasi tambang dalam kawasan hutan ini sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengusaha tambang sendiri yang harus cepat mereklamasi dan merevegetasinya. (diskominfo)

http://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita-361-iwan-fals-ramaikan-gerakan-satu-juta-pohon-.html

0 Response to "Iwan Fals Ramaikan Gerakan Satu Juta Pohon"

Posting Komentar

Powered by Blogger