Dukung Kaltim Green, Vico Indonesia Regreening 600 Hektar

SAMARINDA-vivaborneo.com, Dukungan terhadap kampanye Kaltim Green atau Kaltim Hijau juga ditunjukan Vico Indonesia sebagai salah satu perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas). Perusahaan perminyakan yang pusat operasinya di sekitar Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara itu, bahkan telah melakukan penghijauan di areal tidak kurang dari 600 hektar.“Apa yang menjadi seruan gubernur tentang Kaltim Green, kami sangat mendukung dan telah kami laksanakan. Dalam kurun waktu 2001 – 2009 luas areal yang sudah diregreening sekitar 600 hektar,” kata Security and External Manager Vico Indonesia, Rudi H Marbun, di Guest House Lamin Etam, usai buka bersama Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, akhir pekan lalu.

Regrening atau penghijauan kembali tersebut dilakukan di lima kecamatan di Kutai Kartangera, yakni Marangkayu, Muara Badak, Anggana, Muara Jawa dan Samboja. Penghijauan dilakukan untuk terutama pada area ex-drilling (lokasi pengeboran) seluas 300 hektar dan lokasi-lokasi kritis 300 hektar.

Mendukung komitmen daerah, sekaligus program nasional tersebut manajemen Vico Indonesia mengarahkan penanaman menggunakan pohon sesuai manfaat dan kegunaan, terutama untuk masyarakat di sekitar lokasi regreenin. Pohon-pohon yang ditanam diantara dengan jenis trembesi, johar, mahoni, gamelina, lamotra, angsana, beringin dan kelapa sawit.

“Lokasi ex-drllling yang akan dihijaukan, terlebih dahulu ditaburi pupuk kandang dan kemudian diikuti oleh pemberian bibit cover crops (Crotalaria mucoloides), yang berfungsi sebagai tanaman pioner,” ungkap Rudi H Marbun.

Sebelumnya, Gubernur Awang Faroek berharap agar seluruh perusahaan di Kaltim, termasuk perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi di Kaltim agar memberi dukungan terhadap komitmen Kaltim Green dengan slogan one man five trees.

“Pemanfaatan sumber daya alam sudah seharusnya dikelola dengan mempertimbangkan komitmen pelestarian lingkungan secara baik. Karena itu, kita berharap dukungan masyarakat, termasuk perusahaan-perusahaan perminyakan yang beroperasi di Kaltim. Total Finaelf dan Vico Indonesia sudah melakukan, yang lain juga harus mendukung Kaltim Green,” pinta gubernur. (vb/sam)

0 Response to "Dukung Kaltim Green, Vico Indonesia Regreening 600 Hektar"

Posting Komentar

Powered by Blogger